Mahasiswa

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) merupakan wadah aktivitas Mahasiswa yang bertujuan untuk mengembangkan potensi Mahasiswa dan berlatar belakang pada kegiatan yang tidak diperoleh dari perkuliahan. Organisasi ini berada dibawah binaan oleh pembina yang ditunjuk oleh Rektor.

Organisasi Mahasiswa (ORMAWA) merupakan wadah organisasi Mahasiswa yang bertujuan untuk mengembangkan potensi Mahasiswa. Organisasi ini berada dibawah binaan oleh Fakultas dan Program Studi masing-masing.

MAHASISWA PROGRAM STUDI PVT FKIP UHO



UHO memiliki berbagai komunitas yang dibentuk oleh mahasiswa untuk mengasah bakat dan minat.  Komunitas itu ada yang terbentuk oleh latar belakang keilmuan masing-masing mahasiswa mau pun yang terbentuk karena kegemaran akan minat tertentu oleh setiap mahasiswa tanpa melihat latar belakang keilmuan. Adapun komunitas mahasiswa yang terbentuk berdasarkan latar belakang keilmuan dan komunitas mahasiswa yang terbentuk atas dasar kegemaran tanpa melihat latar belakang keilmuan tertentu.

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN VOKASIONAL TEKNIK




Mahasiswa Program Studi Pendidikan Vokasional Teknik telah dibentuk sebuah organisasi mahasiswa di tingkat Program Studi. Organisasi ini bertujuan untuk mengasah bakat dan minat serta membangun atau mengembangkan komunitas dengan program kerja. Organisasi Mahasiswa ini dinamakan Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) dalam lingkup Program Studi Pendidikan Vokasional Teknik FKIP UHO.

KEGIATAN PRAKTIKUM MAHASISWA PROGRAM STUDI PVT FKIP UHO



Peserta prakrtikum Mata Kuliah Rangkaian Listrik, merupakan mahasiswa Program Studi Pendidikan Vokasional Teknik FKIP Universitas Halu Oleo. Pelaksanaan Praktikum ini dilaksanakan setiap semester Ganjil. Mata kuliah Rangkaian Listrik ini dapat diprogramkan karena Mata kuliah Rangkaian Listrik merupakan salah satu matakuliah wajib di Program Studi Pendidikan Vokasional Teknik FKIP Universitas Halu Oleo Kendari.

Gambar. 1. Peserta Praktikum Mata Kuliah Rangkaian Listrik

Peserta prakrtikum Mata Kuliah Teknik Digital, merupakan mahasiswa Program Studi Pendidikan Vokasional Teknik FKIP Universitas Halu Oleo. Pelaksanaan Praktikum ini dilaksanakan setiap semester Genab. Mata kuliah Teknik Digital ini dapat diprogramkan karena Mata kuliah Teknik Digital merupakan salah satu matakuliah wajib di Program Studi Pendidikan Vokasional Teknik FKIP Universitas Halu Oleo Kendari.

Gambar. 2. Peserta Praktikum Mata Kuliah Teknik Digital

Peserta prakrtikum Mata Kuliah Elektronika Analog, merupakan mahasiswa Program Studi Pendidikan Vokasional Teknik FKIP Universitas Halu Oleo. Pelaksanaan Praktikum ini dilaksanakan setiap semester Ganjil. Mata kuliah Elektronika Analog ini dapat diprogramkan karena Mata kuliah Elektronika Analog merupakan salah satu matakuliah wajib di Program Studi Pendidikan Vokasional Teknik FKIP Universitas Halu Oleo Kendari.

Gambar. 3. Peserta Praktikum Mata Kuliah Elektronika Analog

KEGIATAN PRAKTIKUM PEMBELAJARAN



Program Studi Pendidikan Vokasional Teknik merupakan salah satu program studi di FKIP UHO. Jadi FKIP UHO menyiapkan fasilitas terutama ruang Praktikum Pembelajaran bagi dosen dan mahasiswa dalam kegiatan microteaching. Pihak FKIP memiliki banyak kelas, siap digunakan untuk kegiatan belajar mengajar. Ruangan kelas berada di lantai satu dan lantai dua. Setiap kelas terdapat nama ruangan, dengan begitu memudahkan para mahasiswa baru saat mencari lokasi kelas. Didalam kelas terdapat berbaai fasilitas yang mendukung. Seperti kursi dilengkapi meja yang digunakan untuk tiap individu. Pendingin ruangan yang menyejukkan ruangan kelas. Papan tulis yang terdapat di setiap ruangan dapat dipindahkan. Ketika pembelajaran membutuhkan ruangan luas, hanya perlu memindahkan kursi dan papan tulis yang ada.
Dibeberapa kelas disediakan proyektor oleh jurusan untuk digunakan untuk presentasi dosen maupun mahasiswa dalam kegiatan belajar. Pencahayaan didalam ruangan yang terang dapat menambah fokus dalam belajar. Ruangan yang selalu bersih juga memberikan kenyamanan dalam kegiatan belajar mengajar.